Bagi yang berminat untuk membeli Dinar Emas/Dirham Perak atau membutuhkan penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi saya,
Hafidz Iskandar di nomor telepon 0813 - 114 22 801
Jam kerja : Senin - Jumat (kecuali hari libur) 08.00 WIB - 16.00 WIB

Definisi Contango dan Backwardation serta kaitannya dengan emas

Pada minggu-minggu terakhir ini di internet rame banget artikel yang bahas tentang Backwardation pada emas. Sepanjang yang saya tahu sih, pencetusnya adalah Professor Antal F. Fekete dalam artikelnya yang berjudul “Red Alert : Gold Backwardation!!!”.


Sebelum dilanjutkan pastinya perlu kita ketahui lebih dulu arti dari backwardation itu sendiri. Menurut Wikipedia arti dari istilah backwardation adalah :

“a situation where the amount of money required for further delivery of an item is lower than the amount required for immediate delivery of that item.”

Backwardation adalah istilah yang umum digunakan di pasar berjangka. Arti Backwardation adalah suatu kondisi dimana harga suatu barang komoditi (emas misalnya) untuk penyerahan langsung lebih tinggi (misalnya seharga USD 1.000/troy ounce) daripada harga untuk penyerahan diwaktu mendatang (misalnya seharga USD 900/troy ounce).
Sedangkan contango adalah kebalikan dari backwardation.

Menurut Professor Fekete, backwardation pada emas adalah kondisi yang tidak wajar. Kenapa? Alasannya, jumlah emas yang ada di permukaan bumi ini adalah kurang lebih 170.000 ton. Untuk komoditi seperti emas, jumlah tersebut secara relatif dapat dibilang berlimpah. Bagi komoditi yang persediaannya berlimpah dan pada saat kondisi normal, orang2 yang bertransaksi di bursa berjangka mau membeli emas untuk penyerahan sekarang dengan harga USD 900/troy ounce atau membeli emas untuk penyerahan kemudian seharga USD 1.000/troy ounce karena mereka yakin bahwa pihak penjual akan mampu melakukan penyerahan barang sesuai dengan perjanjian. Atau dengan kata lain, kondisi yang wajar untuk emas adalah contango, dan contango ini terjadi sejak dulu.

Ok, tadi dibilang backwardation pada emas adalah kondisi yang tidak wajar, yang wajar adalah contango, terus ternyata backwardation pada emas sekarang telah terjadi, apa artinya?

Artinya, orang2 yang bertransaksi di bursa berjangka menilai bahwa saat ini LEBIH AMAN bagi mereka untuk melakukan pembelian emas dengan penyerahan fisik emas sekarang juga. Meskipun harga pembelian emas untuk penyerahan kemudian ditawarkan dengan harga yang lebih murah, mereka tetap memilih untuk membeli emas penyerahan sekarang.

Lebih aman? Ya, lebih aman. Para pemain di bursa berjangka menilai emas sudah menipis persediaannya dan juga lawan transaksi mereka, yaitu penjual, diragukan kemampuannya untuk dapat melakukan penyerahan barang sesuai perjanjian bila membeli emas dengan penyerahan kemudian (counterparty risk).

Dan juga, backwardation pada emas berarti dalam waktu yang tidak lama lagi, harga emas akan meningkat seiring dengan banyaknya uang yang mengejar komoditi yang sama, yaitu emas.







Disclaimer : Tulisan ini hanya sebatas ilustrasi semata. Meskipun tulisan ini diambil dari sumber-sumber yang umumnya dapat dipercaya, penulis, Prospek Dinar dan semua pihak yang berhubungan dengannnya tidak bertanggung jawab atas kerugian apapun yang diperoleh pihak manapun karena penggunaan tulisan ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjadi kewajiban dan tanggung jawab pembaca untuk mengkaji sendiri dari sumber manapun dalam penentuan pilihan investasinya

1 comments:

rifki said...

thx infonya..
mengingat harga emas yg naik terus,
saya jadi bingung dengan adanya toko emas yg menawarkan pembelian emas dengan cara kredit dg cicilan fix.
saya berfikir keras bagaimana dia akan untung?
atau kalau memang dia bisa untung, bagaimana caranya?
artinya: resikonya tinggi atau rendah? dengan artikel ini, saya mendapatkan informasi bahwa kemungkinan dia gagal kirim itu ada.. terima kasih

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger